Sunday, March 5, 2017

Matoa Cangkok

Setelah menikmati dan memanen beberapa buah Matoa yang ada dirumah ibuku di Sragen aku menikmati Rasa buah yang luar biasa enak nya. Tekstur buahnya hampir mirip dengan buah Kelengkeng tetapi rasanya melebihi dari buah kelengkeng. Matoa sendiri adalah buah khas dari kepulauan Papua kalau tidak salah. Aku sedikit heran pada awalnya kenapa buah Matoa bisa berbuah dan berkembang di pulau Jawa ini
Kemudian aku berpikir kalau aku juga ingin menanam buah Matoa dengan harapan aku bisa menikmati buah nya kelak. Lalu aku mencoba mencangkok pohon Matoa di rumah Ibu dengan harapan aku tidak perlu terlalu lama untuk bisa menikmati nikmatnya buah Matoa karena jika mengandalkan penanaman melalui biji maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa memanen buah Matoa tersebut. Akhir bulan Desember 2016 akhirnya aku mencangkok beberapa batang di pohon Matoa milik Ibu, ada 4 batang dahan yang aku coba Cangkok. Kemudian aku memulai mencangkok batang batang tersebut. Karena cuaca masih musim penghujan jadi aku tidak terlalu sering untuk menyiran cangkokan tersebut. Karena dari hujan tersebut bisa jadi untuk menyiram batang dahan yang aku cangkok.
Selang sekitar sebulan aku melihat hasil cangkokan ku tersebut, dan hasilnya adalah akar akar nya mulai tumbuh dan siap untuk di pindahkan ke media tanam yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment